Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TBSM SMK PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
ARIFIN, DAVID. 2019. “Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Kognitif pada Peserta Didik Kelas XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M., Pembimbing II: Hastin Budisiwi, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan belajar, dan kemampuan kognitif.
Kemampuan kognitif ini berisikan akal, pikiran, dan lain-lainnya seperti bahasa, sosial, emosionoal, moral dan agama. Dengan kemampuan kognitif atau daya pikir tersebut manusia akan dapat membedakan mana yang benar atau yang salah, mana yang harus dilakukan atau dihindari, bagaimana harus bertindak dan sebagainya yang intinya seseorang dapat memecahkan masalah dalam kehidupan. Oleh karenanya kemampuan kognitif sangat penting bagi kehidupan seseorang dan perlu dibekali dan dikembangkan sedini mungkin.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan kognitif sebelum diberi layanan bimbingan belajar pada peserta didik, 2) tingkat kemampuan kognitif sesudah diberi layanan bimbingan belajar pada peserta didik, dan 3) efektifitas layanan bimbingan belajar terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Populasi 107 dan sampel 32. Pengumpulan data dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kemampuan kognitif peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan belajar mayoritas dalam kategori sangat rendah (31,25%) pada interval 202-208 sebanyak 10 peserta didik, 2) Tingkat kemampuan kognitif peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan belajar mayoritas dalam kategori cukup (40,63%) pada interval 218-2258 sebanyak 13 peserta didik, dan 3) Hasil analsis statistik uji-t (pre-test and post-test one group design) diperoleh thitung = 5,792 dan ttabel = 2,040. Jadi thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima, artinya ada efektifitas layanan bimbingan belajar terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas XI.TBSM SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Saran yang disampaikan diharapkan peserta didik dapat selalu konsentrasi, mampu menyesuaikan dengan masalah belajar di sekolah dan bersikap kritis terhadap masalah yang dihadapi agar dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya.
11145000380 | ARI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain