Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SALAHUDIN, ZARQAWY 2019. Kontribusi Layanan Konseling kelompok dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr.Maufur M.pd
Pembimbing II : Hastin Budisiwi, S.Psi, M.pd
Kata Kunci: Konseling Kelompok dan Kesulitan Belajar
Kegiatan pembelajaran d isekolah dihadapkan dengan karakteristik peserta didik yang beraneka ragam. Ada peserta didik yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan ada yang mengalami kesulitan,. Maka hal tersebut yang melatar belakangi penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui tingkat kesulitann belajar sebelum diberikan layanan konseling kelompok. 2) Untuk mengetahui sesudah diberikan layanan konseling kolempok. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya Kontribusi Layanan Konseling kelompok dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019.
Jenis penelitian Pree eksperimen dengan desain penelitian design one group pre-test and post-test, Populasi penelitian ini kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman yang berjumlah 40 pesera didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling diambil sebanyak 10 peserta didik sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis statistik
Hasil penelitian ini menunjukan : 1) tingkat kesulitan belajar peserta didik sebelum diberi layanan konseling kelompok, memiliki presentase kategori sangat rendah yaitu 40%. 2) Setelah diberikannnya layanan konseling kelompok pada tingkat kesulitan belajar pesrtadidik menjadi kategori tinggi yaitu 40%. 3) Adanya kontribusi layanan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Berdasarkan hasil analisis stastistik uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 6,8382 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,262. Sehingga thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa, “Adanya kontribusi layanan konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang.
Disarankan pihak sekolah dapat melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan konseling kelompok di sekolah, diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan pemberian layanan konseling kelompok, diharapkan perta didik selalu aktif dalam mengikuti konseling kelompok sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru BK.
11145001050 | SAL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain