Skripsi
HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PGRI 2 TAMAN TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
SUYITNO, HENDRI. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Wahyu Jati Kusuma, S.H., M.H.; Pembimbing II Dra. Mursyida, DH. SH. MH.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Perumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh hubungan / korelasi antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik? Penelitian ini bertujuan : untuk mendeskripsikan hubungan statsus sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Taman Tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMK PGRI 2 Taman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 251 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini penelitian mengambil sampel 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner.
Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment,. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi r (hitung) = 0,443, kemudian hasil perhitungan tersebut di konsultasi dengan tabel interprestasi koefisien korelasi maka diperoleh keterangan bahwa hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik cukup kuat. Dari perhitungan juga diperoleh keterangan angka koefisien determinasi sebesar 19,62% yang artinya terdapat hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar peserta didik sebesar 19.62%.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah : terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta didik siswa kelas X. Untuk menjawab hipotesis tersebut kemudian dilakukan perhitungan menggunakan uji t. Dari perhitungan diperoleh t hitung sebesar 0,2615 yang kemudian di konsultasikan dengan t tabel dengan jumlah N = 30 peserta didik dan taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 2,048. Oleh karena t hitung > r tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini yang menunjukkan ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik, maka diharapkan sekolah dan orang tua dapat memberikan dukungan dan pengawasan agar peserta didik mampu meningkatkan motivasi belajarnya.
12145000030 | SUY h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain