Skripsi
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI KECANDUAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
GHUFRON, MOCH. FADHIL. 2019. ”Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management dalam Mengurangi Kecanduan Jejaring Sosial Facebook Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. H. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II: M. Arif Budiman, M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, self management, dan facebook.
Facebook menawarkan para penggunanya sebuah hiburan, kemudahan komunikasi, jalinan pertemanan, bahkan eksistensi. Namun jika terlalu sering memakai jejaring sosial facebook juga terbukti dapat merugikan diri sendiri, antara lain: kasus penipuan bahkan orang kecanduan facebook dapat terkena gangguan kesehatan mental.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kecanduan jejaring sosial facebook sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada peserta didik, 2) tingkat kecanduan jejaring sosial facebook sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada peserta didik, dan 3) efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kecanduan jejaring sosial facebook peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis pre-experimental dengan desain pre-test and prost-test one group design. Populasi 54 dan sampel 24 peserta didik yang mengalami kecanduan jejaring sosial facebook. Data dikumpulkan dengan angket sebagai teknik utama dan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecanduan jejaring sosial facebook sebelum bimbingan kelompok dengan teknik self management pada peserta didik mayoritas dalam kategori tinggi (33,33%), terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval skor 81-87 sebanyak 8 peserta didik. Tingkat kecanduan jejaring sosial facebook sesudah bimbingan kelompok dengan teknik self management pada peserta didik mayoritas dalam kategori rendah (45,83%), terlihat dari frekuensi tertinggi pada interval skor 102-108 sebanyak 11 peserta didik. Hasil perhitungan statistik Uji-t diperoleh thitung = 4,625 dan ttabel = 2,069, maka hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya ada efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kecanduan jejaring sosial facebook peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019.
Saran buat peserta didik diharapkan dapat selalu dapat menentukan perilaku sasaran, memonitor perilaku tersebut, memilih prosedur yang akan diterapkan dalam mengakses facebook setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management.
11135000120 | GHU e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain