Skripsi
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR UNTUK MENCEGAH PERILAKU BERPACARAN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BEBER CIREBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019
LUTFIAH, ALFI.1114500033.2019. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Untuk Mencegah Perilaku Berpacaran Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Beber Cirebon tahun pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II: Mulyani, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavior, Perilaku Berpacaran Pada Peserta Didik.
Penelitian berjudul penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior untuk mencegah perilaku berpacaran pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Beber Cirebon ini dilatar belakangi oleh adanya masalah jumlah peserta didik yang perilaku berpacarannya berlebihan. Tujuan yang hendak dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui perilaku berpacaran peserta didik sebelum di lakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior 2) Untuk mengetahui perilaku berpacaran peserta didik setelah di lakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior 3) Untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior untuk mencegah perilaku berpacaran pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Beber Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Pre-Eksperimental populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS berjumlah 155, penetapan sampel sejumlah 30 peserta didik dengan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dengan Product Moment dan uji realibilitas dangan Sperman Brown. Analisis dengan deskriptif prosentase dan uji t-test.
Diperoleh hasil pada kriteria sangat rendah pre-test sebanyak 10 peserta didik dengan prosentase 30% menghasilkan interval 103-110 dengan kriteria sangat rendah. Sedangkan pada post-test diperoleh sebanyak 12 peserta didik dengan presentase 40% menghasilkan interval 142-151 dalam kriteria sangat tinggi. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 10,009 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1% dan derajat kebebasan N-1 = 30-1 = 29, maka didapat ttabel = 2,093. Maka dapat diambil simpulan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior untuk mencegah perilaku berpacaran pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Beber Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019.
Disarankan pihak sekolah dapat melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah, diharapkan guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan pemberian layanan bimbingan kelompok, diharapkan peserta didik selalu aktif dalam mengikuti bimbingan kelompok sehingga dapat memahami materi yang telah diberikan oleh guru BK
11145000330 | LUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain