Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA INTERNET UNTUK MENGURANGI SIKAP MALAS BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Efektivitas Layanan Informasi melalui Media Internet untuk Mengurangi Sikap Malas Belajar pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco, M.Pd
Kata Kunci : Layanan informasi, internet, sikap malas belajar
Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimanakah sikap malas belajar peserta didik sebelum dilaksanakan layanan informasi melalui media internet? (2) Bagaimanakah sikap malas belajar peserta didik sesudah dilaksanakan layanan informasi melalui media internet? (3) Apakah layanan informasi melalui media internet efektif dapat mengurangi sikap malas belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) sikap malas belajar peserta didik sebelum dilaksanakan layanan informasi melalui media internet, (2) sikap malas belajar peserta didik sesudah dilaksanakan layanan informasi melalui media internet, (3) efektifitas perbedaan sikap malas belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum layanan informasi melalui media internet dan sesudah layanan informasi melalui media internet. Hipotesis : Ada efektifitas perbedaan sikap malas belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum layanan informasi melalui media internet dan sesudah layanan informasi melalui media internet.”
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Jumlah responden 40 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase, pre-test dan post-test dan uji t.
Hasil penelitian (1) Kondisi sikap malas belajar peserta didik sebelum perlakuan kriteria sangat rendah=24 responden, rendah=5 responden, sedang =2 responden, cukup = 6 responden, tinggi=4 responden, dan sangat tinggi =6 responden (2) Sikap malas belajar setelah diberi perlakuan berupa layanan informasi melalui media internet menghasilkan (1) kriteria sangat rendah =18 responden, (2) rendah = 9 responden, sedang= 4 responden, (4) cukup = 1 responden, (5) tinggi=4 responden, dan (6) kriteria sangat tinggi = 4 (10%) responden. Hasil t test atau thitung = 2,664 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan N = 40, ttabel = 2,201. Artinya uji hipotesis diterima yaitu ada efektifitas perbedaan sikap malas belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum layanan informasi melalui media internet dan sesudah layanan informasi melalui media internet.
11125000240 | HER e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain