Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENGURANGI PERILAKU PENYIMPANGAN SOSIAL PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Aryanova, Singgih. 2019. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Solving dalam Upaya Mengurangi Perilaku Penyimpangan Sosial Pribadi pada Peserta Didik Kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco, KW. M.Pd
Kata Kunci : bimbingan kelompok, penyimpangan sosial pribadi
Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimanakah penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving? (2) Bagaimanakah penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik sesudah layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving? (3) Apakah layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving efektif dapat mengurangi perilaku penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui (1) penyimpangan sosial pribadi peserta didik kelas sebelum layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving, (2) penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik sesudah layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving. (3) efektivitas layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving dalam upaya mengurangi perilaku penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis : “Layanan bimbingan kelompok berbasis problem solving efektif dalam upaya mengurangi perilaku penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Jumlah responden 34 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase, pre-test dan post-test dan uji t.
Hasil penelitian (1) penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik kategori tinggi 2 peserta didik angka ketercapaian 6,7%, dan kategori rendah sebanyak 9 peserta didik angka ketercapaian sebesar 30% dengan nilai interval (98-103) (2) Penyimpangan sosial pribadi pada peserta didik kategori rendah sebanyak 3 peserta didik angka ketercapaian sebesar 10%, dan pada kategori tinggi sebanyak 10 peserta didik angka ketercapian sebesar 33,3% dengan nilai interval (120-125). Hasil analisis statistik dari nilai uji t-test diperoleh nilai ketercapaian thitung sebesar 7,111. Perolehan nilai thitungtersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttablepada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 34-1 = 33, dinyatakan bahwa ttable1,6999, kemudian dari perolehan tersebut dapat dinyatakan bahwa thitung= 7,111
>ttable= 1,6999 yang berarti hipotesis “Layanan bimbingan kelompok berbasis
problem solving efektif dalam upaya mengurangi perilaku penyimpangan sosial
pribadi pada peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun
Pelajaran 2018/2019”. Terbuktu secara empiris.
11135001660 | ARY e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain