Skripsi
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
HARGIARTO, FEBRI YOGI. 2019. Efektivitas Bimbingan Kelompok Berpendekatan Teknik Role Playing dalam Peningkatan Kreatifitas Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd.
Pembimbing II Drs. Sukoco, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, teknik Role Playing, kreativitas belajar
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah tingkat kreativitas sebelum diberikan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing, (2) bagaimanakah kreativitas sesudah diberikan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing? (3) Apakah bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing efektif meningkatkan kreativitas pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian untuk mengetahui (1) tingkat kreativitas sebelum diberikan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing (2) tingkat kreativitas sesudah diberikan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing (3) efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dalam meningkatkan kreativitas peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Jumlah responden 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan
persentase, pre-test dan post-test dan uji t.
Hasil penelitian (1) Bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing
efektif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah
Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Peningkatkan kreatifitas peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum
diberi perlakuan kriteria sangat rendah sebanyak 24 responden, rendah sebanyak 5 responden sedang sebanyak 2 responden, cukup sebanyak 6 responden, tinggi sebanyak 4 responden, dan sangat tinggi sebanyak 6 responden, (3) Peningkatkan
kreatifitas belajar peserta didik setelah diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing efektif menghasilkan (a) kriteria sangat rendah sebanyak 18 responden, (b) rendah sebanyak 9 responden, (c) sedang sebanyak 4
responden, (d) cukup sebanyak 1 responden, (e) tinggi sebanyak 4 responden, dan (f) kriteria sangat tinggi sebanyak 4 responden, (4) Hasil t test atau thitung = 2,664 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan N = 50, maka didapat ttabel = 2,201. Artinya uji hipotesis diterima yaitu bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kreatifitas belajar pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019
11135001650 | HAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain