Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 WANASARI PADA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tri Wahyu Riniastuti , 2019 “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Wanasari Pada Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Team Achievement Division) Semester 1Tahun Pelajaran 2018/2019”.Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Pembimbing II A.Rony Yulianto, M.Pd.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi oleh masalah rendahnya nilai hasil pelajaran IPS kelas VIII pada materi Konflik dan Integrasi Sosial. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif Model STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wanasari semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilakukan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2018 selama tiga bulan. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C Semester 1Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa.
Penelitian dimulai pada Pra siklus dengan perolehan nilai hasil belajar adalah, dari jumlah 36 siswa hanya 11 siswa yang dapat memenuhi KBM atau 30,55% siswa yang memenuhi KBM dan 25 siswa tidak dapat memenuhi atau sebesar 69,44 % siswa yang tidak tuntas atau tidak memenuhi Kriteria Batas Minimal (KBM).
Hasil belajar berdasarkan tes siklus 1 dengan pembelajaran kooperatif model STAD, dari jumlah 36 siswa terdapat siswa yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 sebanyak 14 siswa atau sebesar 38,89% sedangkan siswa yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 22 siswa atau sebesar 61,11 % pada materi Interaksi Sosial dengan rata-rata kelas sebesar 62,08%, dilanjutkan dengan tes siklus II, dari sejumlah 36 siswa terdapat siswa yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 sebanyak 29 siswa atau sebesar 80,56 % sedangkan siswa yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 7 siswa atau sebesar 19,44% dengan kualitas nilai rata-
rata sebesar 82,86%dengan KBM 75, sehingga pembelajaran kooperatif Model STAD dapat meningkatkan nilai hasil belajar pada materi Integrasi Sosial.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan memperbanyak latihan soal. Dengan demikian pembelajaran kooperatif model STAD ( Student Team Achievement Division ) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS.
13165000500 | RIN u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain