Skripsi
STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NURUL ULUM LEBAKSIU TAHUN AJARAN 2018
FAOZIANI, VINA. 2018. Studi Komparasi Penggunaan Model Problem Based Learning Dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMK Nurul Ulum Lebaksiu Tahun Ajaran 2018. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Pembimbing 2. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr., MM
Kata Kunci : Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (1) Alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan pada mata pelajaran akuntansi; (2) Gambaran dan informasi model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI AK SMK Nurul Ulum Lebaksiu Tahun Ajaran 2018 antara model problem based learning dan model cooperative learning tipe jigsaw pada.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI AK SMK Nurul Ulum Lebaksiu tahun ajaran 2018. Sampel diperoleh dengan teknik sampling populasi karena jumlah populasi dalam penelitian ini relatif kecil yaitu kurang dari 100. Sehingga sampel pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI AK SMK Nurul Ulum Lebaksiu tahun ajaran 2018 yang berjumlah 46 siswa, dimana siswa kelas XI AK 1 diberikan treatment model problem based learning dan siswa kelas XI AK 2 diberikan treatment model cooperative learning tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa obeservasi, tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik karena penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus uji-t
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara model problem based learning dan cooperative learning tipe jigsaw terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Nurul Ulum Lebaksiu tahun ajaran 2018. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis uji T-test maka thitung = 4,66 dengan derajat kebebasan (dk) = 23+23-22 = 44 dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 2,015. Berarti thitung > ttabel (4,66 > 2,015); (2) Prestasi belajar siswa yang diberikan treatment model problem based learning lebih baik daripada siswa yang diberikan treatment model cooperative learning tipe jigsaw. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata nilai pre-test siswa yang diberikan treatment model problem based learning sebesar 74,21 setelah post-test meningkat menjadi 90,86 sedangkan nilai pre-test siswa yang diberikan treatment model cooperative learning tipe jigsaw sebesar 73,65 setelah post-test meningkat menjadi 83,26.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi (1) Guru perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang model pembelajaran yang inovatif agar proses pembelajaran lebih menarik dan siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga proses pembelajaran akuntansi akan lebih aefektif; (2) Siswa harus berperan aktif dalam proses pembelajaran serta harus membuka diri dan tidak menganggap pusat informai dalah guru, namun bisa berasal dari teman, televisi maupun internet; (3) Kepala sekolah lebih memberikan kesempatan kepada guru-guru mata pelajaran untuk mengikuti workshop yang berhubungan dengan model dan metode pembelajaran inovatif.
13145000580 | FAO s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain