Skripsi
HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
LESTARI, PUJI. 2018. “Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. H. Munthoha N, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Nurcholis, M.Pd.
Kata Kunci: Hubungan, sosial ekonomi dan prestasi belajar.
Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga (orang tua) yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang keadaan sosial ekonominya rendah. Bila kebutuhannya tidak terpenuhi maka ini akan menjadi penghambat bagi anak dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019, 2) prestasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019, 3) hubungan yang positif kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa XI TKJ SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan hubungan variabel satu dengan variabel lainnya sehingga tidak menggunakan treatment dalam pelaksanaan penelitiannya. Populasi penelitian 128 dan sampel penelitian 32. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa mayoritas dalam kategori cukup baik. Terbukti hasil analisis deskripsi variabel X diperoleh data: buruk 9,38%, cukup 68,75% dan baik 21,87%. Mean atau skor rata-rata diperoleh 62,25 terletak pada interval 52-67 dalam kategori cukup baik, 2) Prestasi belajar siswa mayoritas tergolong dalam kategori baik. Terbukti hasil analisis deskripsi variabel Y diperoleh data: cukup 15,63%, baik 78,12% dan sangat baik 6,25%. Mean atau nilai rata-rata ulangan harian diperoleh 72,02 terletak pada interval 61-80 dalam kategori baik, 3) Ada hubungan yang positif kondisi sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI TKJ SMK PGRI Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,624 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 32 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,349, maka rxy > rtabel atau 0,624 > 0,349 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Saran dari penulis diharapkan pihak sekolah memperhatikan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa, perlu adanya upaya sekolah dalam memotivasi belajar siswa yang kondisi sosial ekonominya kurang, misalnya dengan bantuan siswa kurang mampu atau bea siswa bagi yang berprestasi.
12145000240 | LES h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain