Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Betri Novianti, Ines. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantu Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018 / 2019)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Drs. Paridjo, M.Pd.
Pembimbing II : Dian Nataria O, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Student Teams Achievement Divisions, Alat Peraga,
Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Matematika.
Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dukuhturi yang masih berpusat pada guru menyebabkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik pada materi bilangan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester I SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh 95 peserta didik sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Proporsi, Uji Linier Regresi Sederhana dan Uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga mencapai target, (2) Kemampuan komunikasi matematisyang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga mencapai target, (3) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga, (4) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, (5) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantu alat peraga lebih baik daripada pembelajaran ekspositori.
17145000270 | NOV k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain