Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROJECT OF INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
EVA ISNAENI MAESURI DEWI. 2018. Efektivitas Pembelajaran Project of inquiry Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing 1. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Pembimbing 2. A. Rony Yulianto, M.Pd
Kata Kunci : Pembelajaran Project of inquiry, Kemandirian Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran project of inquiry terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa kelas XI IS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelittian menggunakan model eksperimen dengan desain pre-test and post-test group. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa, selanjutnya sejumlah 40 siswa yang terdiri dari kelas XI IS 1 sejumlah 20 siswa dan XI IS 2 sejumlah 20 siswa dijadikan sampel penelitiaan dengan teknik cluster random sampling. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji-t (t-test)
Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan t-test diperoleh hasil t_hitung sebesar 5,10. Dengan nilai t_hitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t_tabel dengan derajat kebebasan (dk) dk = N-2 = 40-2 = 38 dan taraf signifikan 5% dimana diperoleh t_tabel 2,026 yang berarti bahwa t_hitung>t_tabel (5,10 > 2,026). Karena t_hitung>t_tabel maka dapat dinyatakaan bahwa pembelajaran Project of inquiry efektif meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019. Dengan demikian maka pembelajaran di sekolah tersebut harus menerapkan pembelajaran project of inquiry sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
13145000440 | DEW e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain