Skripsi
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG
NURAENI, SITI. 2019. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Ekonomi Terhadap Keterampilan Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si
Pembimbing II. Dra. Hj Dewi Apriani Fr, M.M
Kata Kunci : kepercayaan diri, motivasi belajar, keterampilan belajar
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar ekonomi terhadap keterampilan belajar siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Taman Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 51 siswa. sampel ditetapkan dengan teknik sampling populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap keterampilan belajar yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 11,545+ 0,559X dan diketahui thitung = 4,516 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-51 dengan tingkat kesalahan 5% , thitung > ttabel yaitu 4,516 > 2,008, maka Ha_1 diterima dan H_0 ditolak.
Kemudian diketahui ada pegaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap keterampilan belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 15,827+0,416X dan diketahui thitung = 2,592 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-51 dengan tingkat kesalahan 5%, thitung > ttabel yaitu 2,592 > 2,008, maka Ha_2 diterima dan H_0 ditolak. Dan ada pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap keterampilan belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear ganda Y= 9,2 + 0,503X1 + 0,139X2 dan diketahui Fhitung = 10,54 dan Ftabel = 3,19 dengan signifikansi F sebesar 5%, maka Ha_3 diterima dan H_0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru agar dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan strategi mengenai kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan kondusif. Agar mempermudah siswa untuk memperoleh nilai yang baik dalam proses pembelajaran.
13135000040 | AEN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain