Skripsi
QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 JATIBARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KURNIATI, ASIH. 2019.Quantum Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belalajar IPS Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Jatibarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Pembimbing 2. Neni Hendaryati, M.Pd.
Kata Kunci : Penerapan Quantum Learning, Hasil belajar meningkat.
Penelitian ini dilakukan denganlatar belakangi oleh masalah rendahnya nilai hasil pelajaran IPS kelas IX pada materi Perubahanan Sosial Budaya.Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPSmelaluipenerapan model pembelajaranQuantum Learningpada siswa kelas IXC SMP Negeri 4 Jatibarang semester 1 Tahun Pelajaran2018/2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IX C SMP Negeri 4 Jatibarang semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dengan data kualitatif berupa nilai hasil belajar ulangan harian.
Hasil belajar berdasarkan tes prasiklus bahwa dari jumlah 28 siswa terdapat siswa yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 sebanyak 10 siswa atau sebesar 36 % sedangkan siswa yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 18 siswa atau sebesar 64 %.Hasil belajar berdasarkan tes siklus 3 bahwa dari sejumlah 28 siswa terdapat siswa yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 sebanyak 27 siswa atau sebesar 96,4 % sedangkan siswa yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 1 siswa atau sebesar 3,57 % dengan kualitas nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 100 serta nilai rata-rata sebesar 86,29.Ketuntasan klasikal sebesar 96,4 % bila dibandingkan dengan KKM telah melebihi batas minimal sebesar 85 %. Sehingga Quantum Learning dapat meningkatkan nilai hasil belajar pada materi Perubahan Sosial Budaya.
13165000510 | KUR q C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain