Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 3 BREBES MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL PEER GROUP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
HANDAYANI, SRI LUWIH. 2019. Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 3 Brebes Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Model Peer Group Tahun Pelajaran 2018/2019”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo M.Pd
Pembimbing II Sesya Dias Mumpuni, M.Pd
Kata Kunci : Kedisiplinan, Bimbingan Kelompok, Peer Group
Disiplin adalah suatu sikap mengikuti dan menaati semua peraturan dengan tertib dan teratur serta dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab. Fenomena yang ada di SMP N 3 Brebes masih ada peserta didik yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah, dan layanan bimbingan kelompok dengan model peer group digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik yang masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kedisiplinan pra siklus pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan model peer group, 2¬) kedisiplinan pasca siklus pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan model peer group, 3) upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Brebes melalui layanan bimbingan kelompok dengan model peer group Tahun Pelajaran 2018/2019.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII B tahun pelajaran 2018/2019 dari hasil penskoran angket kedisiplinan dan observasi diperoleh data bahwa 10 peserta didik yang terdiri 6 laki-laki dan 4 perempuan memiliki tingkat kedisiplinan kategori rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian kedisiplinan pra siklus pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan model peer group pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019 kategori sangat rendah sebanyak 10 peserta didik atau 32,2%. Terjadi peningkatan kedisiplinan pada tahap siklus I yaitu kategori sedang 6 peserta didik atau 60,4%, kategori tinggi 1 peserta didik atau 10,7%, kategori rendah terdapat 3 peserta didik atau 30,7%. Terjadi peningkatan lagi pada tahap siklus II yaitu kategori sangat tinggi 2 peserta didik atau 20,2%, kategori tinggi 5 peserta didik atau 50,1%, Kategori sedang 3 peserta didik atau 30,2%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Brebes melalui layanan bimbingan kelompok dengan model peer group Tahun Pelajaran 2018/2019.
Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan model peer group diharapkan memasukkan pendekatan-pendekatan bimbingan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sehingga ada dinamika kelompok.
11165000930 | HAN u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain