Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DPIB SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
WIJAYA, DIYAN TRI. 2019. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik Kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr, H. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II Sri Adi Nurhayati, S.Psi, MM.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Berpikir Kritis
Penelitian ini berjudul Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik Kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang ini dilatar belakangi oleh adanya masalah peserta didik kurangnya memiliki pengembangan berpikir kritis, sehingga muncul pertanyaan 1) Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang?, 2) Bagaimana pengembangan berpikir kritis pada pada peserta didik kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang?, 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan pada teori-teori tentang layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang digunakan untuk membrikan bantuan kepada peserta didik kelas XI DPIB yang kurang memiliki pengembangan berpikir kritis melalui dinamika kelompok yaitu adanya interaksi saling mengeluarkan pendapat, memberi tanggapan, dan saran untuk membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Sehingga peneliti ajukan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI DPIB SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Dengan menggukanan teknik sampling purposive, maka populasi yang berjumlah 35 peserta didik, dan 10 peserta didik menjadi sample subjek penelitian. Sedangkan data dikumpulkan dengan teknik skala psikologi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun simpulan yang diperoleh dari hasil pengujian statistik uji-t diperoleh nilai t_hitung sebesar 21,3412. Nilai t_hitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 yaitu 10-1 = 9 sehingga diperoleh nilai t_tabel = 2,262. Dengan demikian dapat diketahui bahwa t_tabel (21,3412 > 2,262).
Sedangkan saran yang peneliti sampaikan adalah: 1) diharapkan pihak sekolah lebih memperhatikan fasilitas pelayanan bimbingan kelompok, 2) Guru pembimbing hendaknya lebih memberikan layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan berpikir kritis peserta didik, sehingga menguntungkan bagi peserta didik yang bersangkutan, orang lain dan sekolah, 3) Peserta didik untuk lebih aktif dalam layanan bimbingan kelompok, sehingga dengan mudah mengembangkan berpikir kritis untuk diterapkan dilingkungan.
11145000240 | WIJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain