Skripsi
PERANAN WANITA DALAM NOVEL LARASATI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Maulidah, Nufitria. 2019. “Peranan Wanita dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dra. Sri Mulyati, M.Pd.,
Pembimbing II: Khusnul Khotimah, M.Pd.
Kata Kunci: Peranan Wanita, Tema, Alur, Implikasi
Penelitian ini mengkaji tentang peranan wanita yang sebagai tokoh utama dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mendeskripisikan mengenai peranana wanita sebagai tokoh utama dalam membangun tema pada novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. (2) Mendeskripsikan peranan wanita sebagai tokoh utama dalam membangun alur cerita pada novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran sastra di SMA yang terdapat dalam novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural yang menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian ini adalah tokoh utama, tema, dan alur yang terdapat pada novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. Sumber data penelitian ini adalah novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. Penyediaan data yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sumber tertulis untuk memperoleh data. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan metode informal yaitu menyajikan data dengan kata-kata untuk memperjelas kajian.
Hasil analisis data menunjukan bahwa, (1) Peranan wanita sebagai tokoh utama mampu membangun sebuah tema tingkat divine dan tingkat sosial; (2) Peranan wanita sebagai tokoh utama mampu membangun sebuah alur cerita dari eksposisi, komplikasi, klimaks, dan resolusi; dan (3) hasil penelitian ini dapat diajarkan pada siswa SMA khususnya kelas XI semester satu dengan materi pembelajaran novel. Hasil penelitian ini hendaknya Siswa dalam membaca novel memperhatikan nilai-nilai positif. Kemudian, untuk guru hendaknya dapat memilih novel yang memberi manfaat bagi siswa dalam pembelajaran sastra di sekolah. Selanjutnya, untuk peneliti lain sebaiknya meningkatkan penelitian dalam bentuk analisis yang berbeda karena novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer termasuk novel yang berkualitas.
15145000490 | MAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain