Skripsi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
OKTAVIANI, MOLLA DWI. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1. Dr. Hj. Faridah, M.Si
Pembimbing 2. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd, M.Si
Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UPS Tegal tahun 2017/2018 (2) Pengaruh lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UPS Tegal tahun 2017/2018 (3) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UPS Tegal tahun 2017/2018 sebanyak 160 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan tertentunya adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UPS Tegal tahun 2017/2018 yang memiliki IPK kurang dari 3,00 sebanyak 80 Siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung = 1,35 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-80 dengan tingkat kesalahan 5% , thitung < ttabel yaitu 1,35 > 2,000, maka Ha_1 ditolak dan H_0 diterima. Kemudian diketahui ada pegaruh signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung = 2,292 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-80 dengan tingkat kesalahan 5% adalah, maka thitung > ttabel yaitu 2,292 > 2,000, maka Ha_2 diterima dan H_0 ditolak. Dan ada pengaruh positif namun tidak signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear ganda Y = 2,075 + 0,006 X_1 + 0,009 X_2 dan diketahui Fhitung = 0,405 dan Ftabel = 3,11 dengan signifikansi F sebesar 5%, maka Ha_3 ditolak dan H_0 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada orang tua agar sebaiknya menempuh pendidikan semaksimal mungkin agar dapat membimbing anak-anaknya untuk berprestasi. Dan universitas perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas belajar juga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman. Tingkat pendidikan orang tua dan lingkungan belajar yang baik akan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
13145000500 | OKT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain