Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KEMAMPUAN LIFE SKILLS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA BHAKTI PRAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
NURATIKA, SITI. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Experietal Learning Terhadap Penguasaan Kemampuan Life Skills Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM, Pembimbing II: Drs. Achmad Suhud, M.Pd
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Experiental Learning, penguasaan Kemampuan life skills.
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui: 1) penguasaan kemampuan life skills pada peserta didik yang diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning, 2) penguasaan kemampuan life skills pada peserta didik yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning, 3) pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning terhadap penguasaan kemampuan life skills pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019.
Populasi penelitian 66 dengan sampel 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik uji t-test experiment control. Uji validitas dan reliabilitas angket yang dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 54 item. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase Penguasaan kemampuan life skills peserta didik yang diberi perlakuan dalam kriteria sangat tinggi 4 peserta didik dengan persentase 26,7%, sedangkan penguasaan kemampuan life skills peserta didik yang tidak diberi perlakuan dalam kriteria sangat tinggi 2 peserta didik dengan persentase 13,3%, hasil perhitungan uji t-test diperoleh thitung = 8,033 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,048 dengan dk = 15+1 –2 = 28 dengan taraf signifikan 5%, sehingga thitung > ttabel (8,033 > 2,048) jadi hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Experietal Learning Terhadap Penguasaan Kemampuan Life Skills Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019.” Diterima.
Bagi sekolah diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan, bagi guru BK dapat memberikan wawasan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning, bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kemampuan life skills.
11145000580 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain