Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KARIER DENGAN METODE MODELING UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAANPESERTA DIDIK KELAS XII TSM SMK NURUL UMMAH PANINGGARAN KAB. PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SAPTO, PRAYITNO, AJI 1116500071. ”Pengaruh Bimbingan Karier Dengan Metode Modeling Untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Tegal : Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Bimbingan Dan Konseling UPS Tegal, Januari 2019.
Pembimbing I, Dr. H. Suriswo, M.Pd
Pembimbing II, Mulyani, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan karier dengan metode modeling untuk meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan karier dengan metode modeling untuk meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019 sejumlah 116 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh jumlah sempel 30 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan skala psikologis. Skala psikologis digunakan untuk mengumpulkan data tingkat minat kewirausahaan peserta didik. Instrumen skala psikologis minat kewirausahaan diuji validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Arikunto dan dilanjutkan uji rehabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas skala psikologis minat kewirausahaan diperoleh butih skala psikologis yang valid 33 dan 7 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien realibilitas sebesar 0,920. Perhitungan rtabel N = 40 sebesar 0,312.
Pengujian hipotesis menggunakan dengan uji t. Diperoleh hasil thitung
6,565. Jika koefisien thitung sebesar 6,565 tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf singnifikan 5% dengan db = N-1 = 29 yaitu sebesar 2,045 sehingga thitung> ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ”Ada pengaruh bimbingan karier dengan metode modeling untuk meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019” diterima pada taraf singnifikan
5%. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi ”bimbingan karier dengan metode modeling tidak berpengaruh untuk meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019” ditolak. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ”Ada pengaruh bimbingan karier dengan metode modeling untuk meningkatkan minat kewirausahaan peserta didik kelas XII TSM SMK Nurul Ummah Paninggaran Tahun Pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya.
Saran yang dapat dikemukakan dari penelitian yang telah dilakukan di SMK Nurul Ummah Paninggaran Kab. Pekalongan adalah : bagi peserta didik sebaiknya dapat memanfaatkan layanan bimbingan karier dengan metode modeling untuk belajar mempersiapkan diri menjadi seorang pengusaha
11165000710 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain