Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SMP PGRI BANJARATMA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII)
MUTIKHOWATI, TRI. 2019. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Terhadap Perilaku Agresif Peserta Didik di SMP PGRI Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII)”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo M.Pd
Pembimbing II Drs. Achmad Suhud, M.Pd
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioristik, Perilaku Agresif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perilaku agresif sebelum pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik, 2) perilaku agresif setelah pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik, dan pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik terhadap perilaku agresif pada peserta didik kelas VII SMP PGRI Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ekperimen yang digunakan pretest-postest kelompok tunggal. Populasi berjumlah 154 peserta didik dengan sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik yang berperilaku agresif. Metode pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif peserta didik sebelum layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik pada peserta didik kelas VII SMP PGRI Banjaratma Kabupaten Brebes diperoleh dalam kategori tinggi 46,6%. Sedangkan perilaku agresif sesudah pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik mengalami penurunan menjadi 40,0% berada dalam rentang skor rendah, ini terbukti bila terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif, hasil analisis statistik dari nilai uji t-test diperoleh hasil angka ketercapaian thitung sebesar 3,167. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttable = 2,042 ternyata thitung = 3,167 > ttabel = 2,042 yang berarti hipotesis nihil dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik terhadap perilaku agresif pada peserta didik kelas VII SMP PGRI Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Perlu disadari bahwa upaya meminimalisir perilaku agresif bagi para remaja yang menginjak dewasa yang masih rentan bergejolak berdampak tingginya tingkat agresivitas, dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam memaksimalkan pemberian layanan khusus bagi para peserta didik.
11165000770 | MUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain