Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI LEBAKSIU LOR 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal)
WIBOWO, ERNA. 2019. Judul Skripsi “Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal)”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo M.Pd
Pembimbing II Mulyani, M.Pd
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Relaksasi, Kejenuhan Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing dalam mengatasi perilaku Bullying pada peserta didik kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018..
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing dapat mengurangi perilaku Bullying pada peserta didik kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pra siklus sebelum layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing pada peserta didik kelas V SD Negeri Lebaksiu Lor 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu tinggi (70%), kemudian pada pelaksanaan siklus I mengalami penurunan perilaku Bullying sebagian besar dalam sedang (60%), dan pada siklus II penurunan yang sangat baik yaitu sebagian besar dalam kategori tidak ada yang dalam kategori sangat tinggi dan kategori tinggi, namun cenderung pada kategori rendah (55%).
Pihak sekolah diharapkan dapat membantu pengembangan program Bimbingan Konseling sebab program tersebut sangat berguna untuk mengatasi perilaku Bullying peserta didik. Serta menyediakan jasa psikolog atau konselor agar peserta didik dapat dengan mudah mencurahkan segala keluh kesah yang dialami oleh peserta didik.
11155000920 | WIB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain