Skripsi
HUBUNGAN PENDIDIKAN PPKn TERHADAP ETIKA BERKENDARA SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XI TKJ DI SMK PGRI 2 TAMAN TAHUN 2018
FIRDAUSI, HANIF NUR. 2019. Hubungan Pendidikan PPKn Terhadap Etika Berkendara Sepeda Motor Siswa Kelas XI TKJ di SMK PGRI 2 Taman Tahun 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Mursidah DH, M.H.
Pembimbing II Drs. Nurcholis, M.Pd.
Kata kunci : pendidikan PPkn, etika berkendara
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pendidikan PPKn siswa kelas, (2) Untuk mengetahui etika berkendara sepeda motor siswa, (3) Untuk mengetahui hubungan pendidikan PPKn terhadap etika berkendara sepeda motor siswa kelas XI TKJ SMK 2 PGRI Taman.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 159 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi, uji t dan determinasi.
Hasil rhitung (korelasi rxy) = 0,710 Interpretasi Nilai 0,710 terletak pada interval koefisien 0,600–0,799 yang berarti bahwa keeratan hubungan variabel X (Pendidikan PPKn) dengan variabel Y (Etika berkendara sepeda motor) adalah kuat dan positif.
Hasil uji t (t hitung ) = 6,380 dikonsultasikan dengan t tabel dengan N=42 taraf kebebasan (α) 0,05% = 2,201. Karena t hitung > t tabel yaitu 6,380 > 2,201 maka hipotesis yang mengatakan “Ada hubungan antara pendidikan PPKn terhadap etika berkendara (Y) sepeda motor siswa kelas XI TKJ di SMK PGRI 2 Taman tahun akademik 2017/2018”, diterima dan terbukti kebenarannya. Koefisien determinasi 50,40% artinya konstribusi atau pengaruh pendidikan PPKn terhadap etika berkendara (Y) sepeda motor siswa adalah 50,40%. Sisanya sebesar 49,60% merupakan faktor-faktor di luar variabel Pendidikan PPKn yang tidak diteliti.
12145000190 | FIR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain