Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMET (TGT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JATIBARANG
FEBRIYANTO, OSEP ARRY. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jatibarang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Dosen Pembimbing I : Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd, M.Si
Dosen Pembimbing II : Neni Hendaryati, M. Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran team game tournamnet (TGT) efektif untuk meningktkan prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatibarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatibarang yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu 29 siswa, dan 1 kelas sebagai kelas kontrol yaitu sebanyak 29 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dengan membandingkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan diketahui hasil analisis uji T-test, maka diperoleh thitung = 23,04 Dengan derajat kebebasan (dk) = 29+29 - 2 = 56 dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 1,699. Berarti thitung > ttabel (23,04 > 1,699). Karena thitung > ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe team game tournamnet (TGT) efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatibarang. Dengan demikian maka sekolah tersebut hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran tersebut pada sekolah untuk dijadikan model pembelajaran yang kreatif.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament
(TGT) dan Prestasi Belajar Siswa
13145000530 | FEB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain