Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG
LISTYAWATI, RIZKI. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Siawa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Dosen Pembimbing I : Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd, M.Si
Dosen Pembimbing II : Dra. Hj. Dewi Apriani Fr., MM
Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Power Point terhadap Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah efektif meningkatkan hasil belajar model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media Power Point terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif. Populasi penelitian ini adalah 128 siswa, selanjutnya sejumlah 33 dijadikan sampel penelitian yang diambil dengan tekhnik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian adalah uji t. Berdasarkan data hasil tes hasil belajar akuntansi keuangan dapat diketahui rata-rata hasil belajar kelas XI AKL 3 (treament pre-test = 70,5 ) Sedangkan rata-rata (treatment post-test =87,5) data penelitian ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media power point terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK PGRI 2 Taman tahun pelajaran 2018/2019. Hasil perhitungan diketahui hasil analisis uji T-test, maka diperoleh thitung = 13,903 Dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 2, 035. Berarti thitung > ttabel (13,903 > 2, 035). Karena thitung > ttabel, maka Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Power Point efektif meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran akuntansi Keuangan kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Dengan demikian maka sekolah tersebut hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran tersebut pada sekolah untuk dijadikan model pembelajaran yang kreatif.
13145000550 | LIS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain