Skripsi
ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK XL AXIATA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (PADA RETAIL OUTLET SELULER DI TEGAL)
Kebutuhan dan keinginan akan produk seluler semakin bertambah dari waktu ke waktu. Sehingga menimbulkan persaingan diantara pemasar produk seluler. Masing-masing pelaku saling berlomba agar lebih unggul dibanding pesaing. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk, inovasi dan harga terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran produk XL Axiata di Tegal.
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pemilik atau pengelola retail outlet seluler di Tegal. Data di dapat melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varian yaitu Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3.0.
Hasil analisis data menunjukan kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing sedangkan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keunggulan bersaing adalah harga. Penelitian ini juga menyertakan beberapa kebijakan yang dapat dilakukan dari hasil penelitian masing-masing variabel.
41145000190 | AZI a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain