Skripsi
ANALISIS PENGARUH PRODUK WISATA, PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG OBYEK WISATA HUTAN MANGGROVE PANDANSARI KABUPATEN BREBES
Wawan Adi Wijaya NPM 4114500196 “Analisis PengaruhProduk Wisata, Persepsi Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pengunjung Obyek Wisata Hutan Manggrove Pandansari Kabupaten Brebes.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pancasakti Tegal 2018.
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk wisata terhadap keputusan pengunjung Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Kabupaten Brebes. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pengunjung Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Kabupaten Brebes. 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasiterhadapkeputusan pengunjung Obyek Wisata Hutan Pandansari Kabupaten Brebes. 4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pengunjung Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Kabupaten Brebes. 5) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk wisata, persepsi harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pengunjung Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Kabupaten Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung pada Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Kabupaten Brebes. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah sampling insidental. Teknik ini merupakantata cara pengambilan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara sengaja kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, apabila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Adapun jumlah sampel sebanyak 100 data responden.
Hasil penelitian adalah: 1) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif produk wisata terhadap keputusan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi rank spearman sebesar 0,971 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. 2) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif persepsi harga terhadap keputusan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi rank spearman sebesar 0,842 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. 3) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif lokasi terhadap keputusan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,891 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. 4) terdapat pengaruh yang kuat dan positif promosi terhadap keputusan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,655 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. 5) terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif produk wisata, persepsi harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,977 dengan nilai Fhitung (504,028) > Ftabel (2,70).
Kata Kunci : Keputusan Pengunjung; Produk Wisata; Persepsi Harga; Lokasi; Promosi
411450019600 | WIJ a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain