Skripsi
PERAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RELAKSASI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DI SMP IHSANIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VII A)
RAHMAWATI, ALVI MAULIDA. 2019. Judul Skripsi “Peran Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di SMP Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VII A)”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Suriswo M.Pd
Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Hartinah DS,MM
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Relaksasi, Kejenuhan Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat kejenuhan belajar sebelum dilaksanakan konseling kelompok dengan teknik relaksasi, 2¬) tingkat kejenuhan belajar setelah dilaksanakan konseling kelompok dengan teknik relaksasi, 3) peran layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi dalam mengatasi kejenuhan belajar pada kelas VII A SMP Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat tingkat kejenuhan belajar pra siklus dalam kategori sangat tinggi sebanyak 12 peserta didik atau 40%, sedangkan pada siklus I sebanyak 11 peserta didik atau 37%, dan pada siklus II tidak ada yang dalam kategori sangat tinggi dan tinggi, tingkat kejenuhan belajar peserta didik dalam kategori rendah sebanyak 15 peserta didik atau 50%. Pengujian hipotesis dengan uji statistik yaitu perolehan tingkat kejenuhan belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami penurunan yang signifikan pada pra siklus diperoleh nilai thitung sebesar -4,501 dan pada siklus I diperoleh nilai thitung sebesar -3,510. Dan perolehan perbedaan pelaksanaan layanan konseling kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 4,848. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttable = 2,042 ternyata thitung = 4,848 > ttabel = 2,042 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat peran layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi dalam mengatasi kejenuhan belajar pada kelas VII A SMP Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Tingkat kejenuhan belajar pada peserta didik hendaknya dapat diidentifikasi secara dini oleh guru BK, agar permasalahan kejenuhan belajar peserta didik dapat diatasi dengan maksimal dan peserta didik semangat dalam belajar.
11165000720 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain