Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) melalui Metode Diskusi bagi Peserta Didik kelas XI TKR di SMK Mekatronik Jatibarang Brebes.
ABDILAH, 2018, Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) melalui Metode Diskusi bagi Peserta Didik kelas XI TKR di SMK Mekatronik Jatibarang Brebes. Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti, Tegal.
Pembimbing I A. Rony Yulianto, M.Pd
Pembimbing II Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, M.M.,
Kata Kunci : Metode Diskusi, Hasil Belajar, Kewirausahaan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Diskusi pada mata pelajaran Kewirausahaan dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode Diskusi.
Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI TKR Semester 1 SMK Mekatronik Jatibarang Brebes Tahun pelajaran 2018/2019, terdiri dari 30 Peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini lebih menekankan atau dibatasi pada aspek kognitif atau pengetahuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai rata- rata pra siklus yaitu 70 menjadi 73 pada siklus 1 dan terjadi peningkatan nilai rata- rata di siklus 2 yaitu 79 dengan nilai ketuntasan klasikal pada pra siklus yaitu 53 % menjadi 76 % pada siklus 1 dan peningkatan pada siklus 2 sebesar 97 %.
Pembelajaran dengan Metode Diskusi dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru dalam rangka menambah variasi model pembelajaran, karena model ini dapat memotivasi peserta didik dan peserta didik akan terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat menunjang usaha- usaha pengembangan sikap sosial dan sikap demokratis para peserta didik. dalam proses pembelajaran Kewirausahaan, guru jangan mengabaikan media atau alat pembelajaran yang dapat memudahkan pemahaman peserta didik terhadap konsep yang disampaikan oleh guru.
13135000670 | ABD p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain