Skripsi
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL NEGERI PARA BEDEBAH KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA
Megananda, Guntur. 2018. “Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMA”. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I, Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II, Dra. Sri Mulyati, M.Pd.
Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Novel, Negeri Para Bedebah, Tere Liye, Implementasi Pembelajaran.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye dan implementasinya dalam pembelajaran di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat didalam novel dan implementasinya dalam pembelajaran di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye. Wujud data dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter pada novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode informal yaitu menyajikan data dengan kata-kata untuk memperjelas kajian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye terdapat beberapa pendidikan karakter. Pendidikan karakter tersebut diantaranya adalah pendidikan karakter jujur terdapat 17 data, pendidikan karakter toleransi terdapat 2 data, pendidikan karakter disiplin terdapat 7 data, pendidikan karakter kerja keras terdapat 1 data, pendidikan karakter kreatif terdapat 8 data, pendidikan karakter mandiri terdapat 1 data, pendidikan karakter demokratis terdapat 1 data, pendidikan karakter rasa ingin tahu terdapat 1 data, pendidikan karakter menghargai prestasi terdapat 1 data, pendidikan karakter bersahabat/komunikatif terdapat 3 data, pendidikan karakter gemar membaca terdapat 5 data, pendidikan karakter peduli sosial terdapat 17 data, pendidikan karakter tanggung jawab terdapat 13 data. Hasil peneltian ini dapat di implementasikan pada pembelajaran SMA kelas XII semester II tepatnya pada kompetensi inti 3 dan 4 dan pada kompetensi dasar 3.4, 3.9 dan 4.9.
Saran yang dapat peneliti berikan bagi para guru bahasa indonesia yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya novel agar peserta didik dapat mengambil pendidikan karakter positif dari sebuah karya sastra.
15135000040 | MEG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain