Skripsi
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK AS SYAMSURIYYAH JAGALEMPENI WANASARI BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Irma Nurhayati Syukron 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Praktik Bagi Siswa Kelas X Multimedia Di Smk As Syamsuriyyah Jagalempeni Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi. Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, 2018.
Pembimbing I Dra. Hj. Dewi Apriani Fr, M.M
Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Kata Kunci : “Peningkatan Prestasi Belajar Kewirausahaan Melalui Model Pembelajaran Praktik Bagi Siswa.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan kejuruan yang tujuan utamanya mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja handal dengan mengutamakan kemampuan kejuruan jenis tertentu. Rencana strategis Depdiknas 2005 - 2009 dan rancangan 2010 - 2014 yang bertujuan mengubah komposisi perbandingan jumlah SMK dan SMA dari 30:70 menjadi 67:33 pada tahun 2014 juga menuntut pentingnya pengembangan sumber daya manusia peserta didik SMK.
Lokasi penelitian yang dipilih oleh penulis dalam penulisan Skripsi ini adalah SMK As Syamsuriyyah Jagalempeni Kabupaten Brebes yang berlokasi di Jalan Ponpes As Syamsuriyyah Desa Jagalempeni Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Penulis menfokuskan objek penelitian mengenai Apakah model pembelajaran praktik dapat meningkatkan prestasi peserta didik dalam KBM kewirausahaan pada peserta didik kelas X Jurusan Multimedia SMK As Syamsuriyyah Jagalempeni Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran praktik kewirausahaan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar kewirausahaan. Hal ini ditunjukan dengan antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran praktik kewirausahaan sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa Model pembelajaran praktik kewirausahaan memiliki dampak positif terhadap kerjasama antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu.
13155000530 | SYU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain