Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A DI SMP NEGERI 3 BREBES
Ahmad Darzaki. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Kartu Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII A di SMP Negeri 3 Brebes.Skripsi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Hj. Faridah, M.Si.
Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd.,M.Si.
Kata kunci: Peningkatan hasil belajar, model pembelajaran problem based learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah ( Problem Based Learning ) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Brebes.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah model siklus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan refleksi..
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Brebes dengan model pembelajaran problem based learning dengan media kartu gambar. Analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan / pra siklus dengan hasil belajar peserta didik setelah tindakan, melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media kartu gambar..
Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu terbukti dengan perolehan nilai tes atau kognitif dari masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai tes mencapai 77, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 73 % dan pada siklus 2 menjadi 90 %. Kemudian ketuntasan hasil belajar pada aspek afektif/sikap dan psikomotor/ keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 22 siswa atau mencapai sekitar 73 %. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar aspek afektif / sikap peserta didik adalah 26 siswa atau sekitar 87%, dan ketuntasan hasil belajar pada aspek psikomotor / keterampilan adalah 29 siswa atau sekitar 97 %.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII A di SMP Negeri 3 Brebes baik dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor dan menyenangkan serta membuat peserta didik aktif dalam berdiskusi dan berpendapat.
13165000380 | DAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain