Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA SNAKE AND LADDER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN TEKNIK DISKUSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
APRILIAN, TYAS NUR. 2018. Keefektifan Penerapan Media Snake and Ladder dalam Pembelajaran Menulis dengan Teknik Diskusi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd.
Kata Kunci : media Snake and Ladder, kemampuan Diskusi, Diskusi,
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari media snake and ladder terhadap pembelajaran menulis dengan teknik diskusi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tegal tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 53 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t Non-Independen untuk membandingkan adanya perbedaan kemampuan diskusi dari kedua kelompok, dan rumus uji t Independen untuk mengetahui keefektifan penerapan media snake and ladder yang digunakan dalam pembelajaran menulis dengan teknik diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh kuat antara kemampuan diskusi siswa yang menggunakan media snake and ladder dan yang tidak menggunakan media snake and ladder. Hasil perhitungan uji t-non Independen pada kelas eksperimen menunjukkan hasil thitung = 14,24 ≥ ttable = 1,71 pada taraf signifikasi 0,05%. Hasil thitung lebih besar dari ttable. Artinya, pelaksanaan pembelajaran menulis dengan teknik diskusi dengan menggunakan media snake and ladder sangat berpengaruh positif terhadap kemampuan diskusi siswa dalam pembelajaran diskusi. Sedangkan perhitungan uji t Non-Independen pada kelas kontrol menunjukkan hasil thitung = 21,4 ≥ ttable = 1,71 pada taraf signifikansi 0,05%. Hasil thitung lebih besar dari ttable. Artinya, pelaksanaan pembelajaran menulis dengan teknikdiskusi tanpa media snake and ladder tidak berpengaruh terhadap kemampuan diskusi siswa dalam pembelajaran menulis dengan teknik diskusi. Sedangkan hasil perhitungan uji t Independen menujukkan hasil thitung 5,14 ≥ ttabel 1,68 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian hasil uji t Independen di atas dapat disimpulkan bahwa media snake and ladder sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dengan teknik diskusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan diskusi dengan memperbanyak latihan untuk bekerjasama dalam berdiskusi.
15145000930 | APR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain