Skripsi
ANALISIS E-MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PENJUALAN JASA SALON KECANTIKAN DI KABUPATEN TEGAL
Kiki Is Nurjanah NPM. 4114500093 “Analisis E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Penjualan Jasa Salon Kecantikan Di Kabupaten Tegal.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal 2018.
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh internet marketing terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal. 2) untuk mengetahui pengaruh mobile marketing terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal. 3) untuk mengetahui pengaruh internet marketing dan mobile marketing secara bersama-sama terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh usaha jasa salon kecantikan se-Kabupaten Tegal yang berjumlah 100 salon kecantikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive. Metode ini merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun kriteria beberapa pertimbangan yang dapat menjadi acuan bagi peneliti untuk mempermudah mencari data sampel salon kecantikan adalah: 1) salon kecantikan yang memiliki sistem pemasaran melalui website baik internet marketing maupun mobile marketing (marketing ponsel). 2) pemilik usaha jasa salon kecantikan yang mempunyai sifat komunikatif, terbuka serta mau dijadikan sebagai sampel penelitian. 3) usaha jasa salon kecantikan yang telah berusia minimal satu tahun. Jumlah sampel salon kecantikan yang diperoleh berdasarkan kriteria tersebut adalah sebanyak 40 salon kecantikan.
Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian adalah: 1) terdapat adanya pengaruh yang kuat dan positif antara internet marketing terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal. Nilai koefisien korelasi yang telah ditemukan sebesar 0,771 (kategori kuat dan positif) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (dibawah level 1%). 2) terdapat adanya pengaruh yang kuat dan positif antara mobile marketing terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal. Nilai koefisien yang ditemukan sebesar 0,654 (kategori kuat dan positif) dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 (dibawah level signifikansi 1%). 3) terdapat pengaruh yang kuat dan positif internet marketing dan mobile marketing secara bersama-sama terhadap kinerja penjualan jasa Salon Kecantikan di Kabupaten Tegal. Nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,793 (kategori kuat dan positif) dan nilai signifikansi berupa Fhitung (31,345) ˃ Ftabel (4,10).
Kata Kunci : Kinerja Penjualan; Internet Marketing; Mobile Marketing
41145000930 | NUR a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain