Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK PROGRAM LINIER (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester Gasal MAN Kota Tegal Pada Materi Pokok Program Linier Tahun Ajaran 2018/2019)
SAPUTRA, AGUNG. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran konstruktivisme terhadap Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Matematika pada Materi pokok Program Linier Kelas XI Semester I MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd.
Kata kunci : keefektifan, pembelajaran konstruktivisme, aktivitas, kemampuan pemecahan masalah .
Pembelajaran yang dilaksanakan di MAN Kota Tegal yang masih berpusat pada guru menyebabkan aktivitas sebagian peserta didik masih rendah dan kurangnya kreativitas peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran matematika yang di ajar menggunakan model pembelajaran konstruktivisme melampaui target KKM. (2) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar matematika. (3) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (4) ada perbedaan yang signifikan setelah di ajar dengan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. (5) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Populasi penelitian ini peserta didik kelas XI IPS di MAN Kota Tegal. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu 1 kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran konstruktivisme, 1 kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan 1 kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t, uji manova, dan uji τ^2-Hotelling.
Hasil penelitian ini diperoleh: (1) pembelajaran matematika yang di ajar menggunakan model pembelajaran konstruktivisme memenuhi KKM (2) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar . (3) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik daripada model pembelajaran konvesional terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik. (4) ada perbedaan aktivitas dan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (5) model pembelajaran konstruktivisme lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan pemecahan masalah matematika peserta didik.
17145000710 | SAP k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain