Skripsi
MENGURANGI DAMPAK PERILAKU BULLYING PADA PELAKU dan KORBAN BULLYING MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU di SMP NEGERI 7 PEMALANG 2018/2019 (Studi PTBK)
Riko, Zaudika. 2019. “Mengurangi dampak perilaku bullying pada pelaku dan korban bullying melalui layanan bimbingan konseling individu di SMP Negeri 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II Dr. H Suriswo, M.Pd.
Kata kunci : Pelaku Bullying, Korban Bullying, Dampak Perilaku Bullying, dan Layanan Bimbingan Konseling Individu
Berbagai perilaku bullying atau perilaku menyimpang yang dilakukan peserta didik disebabkan kurangnya pemahaman anak terhadap nilai diri yang positif sehingga berdampak pula pada kurangnya pemahaman moral atau nilai yang di terimanya, seperti akrab dengan kekerasan, kebohongan,dan sebagainya yang merupakan perilaku negatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengurangi dampak perilaku bullying pada pelaku dan korban bullying melalui layanan bimbingan konseling individu di SMP Negeri 7 Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel purposive non random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif presentase dan uji-t dengan bantuan program SPSS For Windows 16.
Hasil analisis deskriptif presentase menyatakan bahwa intensitas seseorang melakukan perilaku bullying sebanyak 53,8% dalam kategori cukup tinggi, intensitas seseorang menjadi korban perilaku bullying sebanyak 65,4% dalam kategori cukup tinggi, dan dampak perilaku bullying yang terjadi sebanyak 53,3% dalam kategoricukup tinggi. Nilai uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,103 dengan signifikansi 0,002 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternative.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan konseling individu pada peserta didik dapat mengurangi dampak perilaku bullying pada pelaku dan korban bullying di SMP Negeri 7 Pemalang. Saran dari penelitian ini yaitu tindakan bullying hendaknya dapat diidentifikasi secara dini oleh guru BK, agar permasalahan bullying pada peserta didik di sekolah dapat diatasi dengan maksimal. Adanya peningkatan dampak perilaku bullying yang terjadi di sekolah hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengatasi tindakan bullying dengan menggunakan metode atau media yang berbeda pada setiap perlakuan yang dilakukan agar peserta didik semakin antusias dalam mengikuti pelaksanaan layanan bimbingan konseling individu.
11135000230 | RIK m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain