Skripsi
IMPLIKASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 BREBES
M. Arfan Gifari. 2019 “IMPLIKASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 BREBES”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Muhaimin Sadirun, S.H, M.H
Pembimbing II Drs. Subiyanto, M.Pd
Kata kunci: Problem Solving, Kesadaran Hukum
Model pembelajaran Problem Solving cara pemecahan masalah dengan memberikan pengertian serta menstimulasi anak didik untuk memperhatikan, menelaah dan berpikir tentang suatu masalah berdasarkan contoh yang telah dipaparkan yang selanjutnya menganalisis masalah tersebut sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving dan meningkatkan kesadaran hukum untuk mata pelajaran PKn pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2017-2018.
Reponden penelitian guru PKn, guru BK, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2017-2018. Dengan 4 guru (2 guru PKn dan 2 guru BK) dan 10 peserta didik yang berbeda kelas. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengambilan sempel menggunakan teknik triangulasi dan member check. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan prosedur analisis data dengan melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi data.
Hasil menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memberikan hasil pemahaman peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2017/2018 dalam aspek kognitif memahami susunan dari rencana penyelesaian masalah yang memiliki tujuan masing-masing, kedua aspek afektif yaitu sikap seperti apa yang dilakukan dalam perencanaan penyelesaian masalah, ketiga aspek psikomotorik yaitu pengambilan sikap atau keterampilan yang menyesuaikan permasalahan sesuai dengan perencanaan. Penyelesaian masalah dapat berjalan dengan baik, dibuktikan dengan pada masing-masing peserta didik memiliki perencanaan penyelesaian yang tidak hanya satu melainkan lebih dari satu. Tingkat kesadaran hukum peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2017/2018 sudah pada tingkat sedang. Dalam penyesuaian perbuatan melawan hukum, peserta didik juga memiliki penanaman yang cukup baik dengan mengedepankan musyawarah dan melaporkan kepihak yang berwenang apabila permasalahan tersebut tidak bisa diselesaikan.
Saran kepada sekolah, hendaknya senantiasa mengelaborasikan tiap informasi terbaru tentang hukum pada proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, serta mengkaji nilai-nilai yang terdapat dalam pancasila.
12145000140 | GIF i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain