Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
AZHAR, AWALUDDIN. 2019. “Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kemampuan dalam Mengatasi Kesulitan Belajar.
Bimbingan belajar merupakan proses pemberian layanan oleh seorang yang ahli kepada individu atau peserta didik yang mempunyai masalah belajar. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana anak didik tidak dapat belajar secara wajar. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang sejumlah 115 peserta didik, dan sampel berjumlah 18 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket atau kuesioner, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif persentase dan t-test.
Berdasarkan analisis deskriptif prosentase bahwa perolehan skor rata-rata skala sebelum perlakuan bimbingan belajar 69,67 meningkat menjadi 78,06 setelah perlakuan sehingga ada kenaikan 8,39. Sedangkan hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-test, hasil perhitungan data diperoleh harga thitung sebesar 5,842 jika dikonsultasikan dengan nilai ttabel dengan derajat kebebasan (db) = N – 1 = 18 – 1 = 17 dengan ts 0,05 sebesar 2,110 ternyata thitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,842 > 2,110, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil perhitungan dari penelitian signifikan dengan dibuktikan Ho ditolak dan menerima hipotesis kerja.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah layanan bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran dari penulis agar guru pembimbing senantiasa memberikan kegiatan layanan bimbingan belajar terhadap peserta didik yang memiliki kesulitan belajar, sehingga bisa membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya.
11115002640 | AZH e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain