Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SITI MA’RIFAH.1314500036 (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Dosen Pembimbing I : Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd, M.Si
Dosen Pembimbing II : Neni Hendaryati, M. Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe student facilitator and explaining dan prestasi belajar akuntansi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah keefektifan model pembelajaran cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif. Populasi penelitian ini adalah 180 siswa, selanjutnya sejumlah 72 dijadikan sampel penelitian yang diambil dengan tekhnik purposive cluster random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian adalah uji t.
Hasil perhitungan diketahui hasil analisis uji T-test, maka diperoleh thitung = 6,01 Dengan derajat kebebasan (dk) = 36+36 - 2 = 70 dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 2,000 . Berarti thitung > ttabel (6, 01 > 2,000). Karena thitung > ttabel, maka Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining efektif digunakan pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK N 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2018/2019. Dengan demikian maka sekolah tersebut hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran tersebut pada sekolah untuk dijadikan model pembelajaran yang kreatif.
13145000360 | SIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain