Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
ADEN PERDANA, RIZKY. 2019. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Antar Pribadi pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Achmad Suhud, M.Pd.,
Pembimbing II Mulyani, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Antar Pribadi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku komunikasi antar pribadi pada peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok, untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku komunikasi antar pribadi pada peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen atau menggunakan layanan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019 sejumlah 180 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 peserta didik (10 untuk kelompok control, 10 untuk penelitian) dari jumlah seluruh peserta didik kelas XI Akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview atau wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Presentasi dan Analisis Deskriptif Korelasi yang sebelumnya data diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas.
Dari hasil analisis deskriptif tersebut diatas, menunjukan bahwa sebelum diberikan Layanan Bimbingan kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Antar Pribadi berada pada presentase terbanyak sebesar 50% dengan skor 68 yaitu dalam kriteria sangat tinggi sedangkan sesudah diberikan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Antar Pribadi berada pada presentase 30% dengan skor 81yaitu dalam kriteria sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukan adanya kesesuaian presentase Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Antar Pribadi pada Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pemberian layanan bimbingan kelompok lebih ditingkatkan lagi agar peserta didik mampu bersosialisasi dengan lingkungan, pembimbing juga harus memperhatikan setiap peserta didik yang masih pasif dilingkungan kelas maupun lingkungan sekolah guna meningkatkan perkembangan peserta didik khususnya dalam komunikasi antar pribadi. Pembimbing dalam pemberian layanan juga harus mempersiapkan diri karena kompetensi guru bimbingan dan konseling sangat penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik.
11145000960 | PER k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain