Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman)
JANAH, MIFTAHUL. 2018. Pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (studi pada kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman). Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si
Pembimbing 2. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd
Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif, kemandirian belajar, hasil belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK PGRI 2 Taman. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman yang berjumlah 88 siswa. Sampel ditetapkan dengan teknik sampling populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui thitung sebesar 4,21, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel untuk N-88 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,000, thitung>ttabel yaitu 4,21 > 2,000, dan diketahui persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y= 46,40 + 0,95X. Maka H_0 ditolak dan Ha_1 diterima. Kemudian diketahui ada pegaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui thitung sebesar 2,51, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel untuk N-88 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,000, thitung>ttabel yaitu 2,51 > 2,000, dan diketahui persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y= 56,34 + 0,47 X. Maka H_0 ditolak dan Ha_2 diterima. Selanjutnya ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil uji signifikan diketahui Fhitung sebesar 85,9 dikonsultasikan dengan Ftabel dengan N = 88 dan tingkat kesalahan 5% adalah = 2,32, Fhitung > Ftabel yaitu 85,9 > 2,32. Selanjutnya diketahui persamaan perhitungan analisis regresi linear berganda Y= 4.082,227 + 0,951X_1 + 0,084X_2. Maka H_0 ditolak dan Ha_3 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru agar lebih memperhatikan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar yang baik akan mempermudah siswa untuk memperoleh nilai yang baik dalam proses pembelajaran bagi siswa.
13145000290 | JAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain