Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE MAKE A MATCHUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 5 BRBES SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Ririn Herawati (1316500046).2018, “Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Make A Matchuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 5 Brebes Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019”.Pembimbing IDr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd dan Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si . Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penggunan Model Pembelajaran,Cooperative Make A Match, Hasil Belajar IPS
Penelitian ini dilakukan dengandilatar belakangi oleh masalah rendahnya nilai hasil belajar IPS kelas VIII .Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajarIPSmelaluipenerapan model pembelajarancooperative make a matchpada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 5 Brebes semester 1 tahun pelajaran2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilakukan pada semester 1 Tahun Pelajaran2018/2019 dari bulanOktober 2018 sampai denganDesember 2018 selama 3 bulan. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIIIASMP Negeri 5 Brebessemester 1 tahun pelajaran2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Dalam PTK ini peneliti mengajukan hipotesis, bahwa : “Jika model pembelajaran cooperative make a matchditerapkan dalam pembelajaran IPS, maka hasil belajar IPSpadasiswa kelas VIIIASMP Negeri 5 Brebes semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019dapat meningkat “.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelcooperative make a matchdalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas VIIIASMP Negeri 5 Brebes semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil belajar kondisi awal Pada Pra siklus diperoleh ketuntasan klasikalnya hanya 44,44%, Setelah model pembelajaran cooperative make amatch diterapkan pada siklus I ternyata hasil belajar meningkat,yaitu dengan meningkatnya ketuntasan klasikal yang diperoleh dari hasil tes siklus 1 sebesar 75%. Siklus II menerapkan model pembelajaran cooperative make a match secara berkelompok dan ternyata hasil belajar berdasarkan tes siklus II ketuntasan klasikalnya meningkat lagi menjadi 88,89%, hal ini berarti hasil belajar pada siklus II telah melampaui batas ketuntasan klasikal minimal yaitu 85%. Berdasarka uraian di atas menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 5 Brebes semester 1 tahun pelajaran 208/2019.
13165000460 | HER p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain