Skripsi
EFEKTIVITAS REMEDIAL DAN PENGAYAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII UPTD SMP N12 KOTA TEGAL
YULEHAH. 2018. Efektivitas Remedial dan Pengayaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII UPTD SMP N12 Kota Tegal..
Pembimbing I : Dra. Hj. Dewi Apriani Fe., MM. Pembimbing II: Neni Hendaryati, M.Pd.
Kata Kunci : Remedial dan Pengayaan, Hasil Belajar
Penelitian ini membahas tentang remedial dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII UPTD SMP N12 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan remedial dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII UPTD SMP N12 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP N12 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 119 siswa. Sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing kelas 30 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan purpostive cluter sampling yaitu data kelas nilai terendah.
Hasil analisis tentang remedial dan pengayaan yang digunakan , terlihat bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan peningkatan. Rata-rata nilai kelas VIII A yang dijadikan kelas eksperimen semula rata-rata hanya 66,57 sekarang setelah menggunakan remedial dan pengayaan mengalamai perubahan yaitu menjadi 79,27 itu menunjukan peningkatan pada kelas eksperimen sehingga ini tepat digunakan untuk materi menganalisis interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara- Negara Asean. Hal ini juga garaditunjukan dari hasil analisis uji T-test, maka diperoleh thitung = 3,442. Dengan derajat kebebasan (dk) = 30+30 - 2 = 58 dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel = 2,042 . Berarti thitung > ttabel (3,442 > 2,042). Karena thitung > ttabel, maka Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Terdapat perbedaan antara efektivitas remedial dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII UPTD SMP N12 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019 sehingg penelitian ini sangat efektif digunakan untuk membantu siswa.
Berdasarkan penelitian ini maka guru dalam melakukan remedial dan pengayaan hendaknya menggunakan metode yang efektif agar remedial dan pengayan bisa berjalan dengan kondusif dan optimal.
13145000590 | YUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain