Skripsi
PERAN BUSINESS CENTER DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI PROGRAM PEMASARAN SMK NEGERI 2 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
FAHMI, NURUL RIZQI. 2018. Peran Business Center dalam Menumbuhkan Karakter Berwirausaha Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing 1. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd
Pembimbing 2. Dra. Hj. Dewi Apriani Fr., MM
Kata Kunci : Peran Business Center, Karakter Berwirausaha
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran business center dalam menumbuhkan karakter berwirausaha siswa kelas XI Program keahlian Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru kewirausahaan, pengurus business center, dan 3 siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyeajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran business center dalam menumbuhkan karakter berwirausaha dapat dilihat dari sikap: 1) Percaya diri, 2) Berorientasi pada tugas dan hasil, 3) Pengambilan resiko, 4) Kepemimpinan, 5) Keorisinilan, 6) Berorientasi pada masa depan.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi 1) Guru, diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam membimbing dan memfasilitasi siswa dalam praktik kewirausahaan di business center, 2) Pengurus, diharapkan dapat membentuk struktur kepengurusan business center untuk mengevaluasi setiap program business center serta dapat membuat program-program kreatif. 3) Siswa, diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan di business center.
13145000330 | FAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain