Skripsi
PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X JURUSAN IPS DI SMA PGRI 1 TAMAN
SETYOWATI, MEGA 2018. Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMA PGRI 1 Taman. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Pembimbing 1. Neni Hendaryati, M.Pd
Pembimbing 2. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd
Kata Kunci : kreativitas mengajar guru, minat belajar, presatasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMA PGRI 1 Taman.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampel dari populasi yaitu 52 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kecerdasan intelektual terhadap motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 25,97 + 1,047 X dan diketahui thitung = 4,969 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-52 dengan tingkat kesalahan 5% , thitung > ttabel yaitu 4,969 > 2,009, maka diterima. Kemudian diketahui ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear sederhana Y = 23,29 + 1,027 X dan diketahui thitung = 5,942 dikonsultasikan dengan ttabel untuk N-52 dengan tingkat kesalahan 5% adalah, maka thitung > ttabel yaitu 5,942 > 2,009, maka diterima. Dan ada pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar yang dibuktikan dengan hasil persamaan perhitungan analisis regresi linear ganda Y = 14,807 + 0,69 + 0,67 dan diketahui Fhitung = 30,42 dan Ftabel = 3,19 dengan signifikansi F sebesar 5%, maka diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru agar lebih memperhatikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional siswa, sehingga siswa mampu mempunyai motivasi yang tinggi dalam proses belajar. Dengan mempunyai motivasi yang tinggi berpengaruh juga terhadap prestasi belajarnya.
13145000280 | SET p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain