Skripsi
PERBEDAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI BAGI PERKEMBANGAN INTELEKTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
LUTHFI ALFIKRI. 1112500168, 2017, Skripsi, Perbedaan Layanan Bimbingan Pribadi Bagi Perkembangan Intelektual Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Drs. Sukoco KW, M.Pd, Dr. H. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Perkembangan Intelektual.
Perkembangan intelektual pada masa remaja jika tidak mendapat bimbingan, baik dari guru di sekolah ataupun dari keluarga pada akhirnya cenderung bersifat destruktif yang berujung pada terjadinya perilaku kenakalan remaja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan intelektual antara remaja pria dan wanita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019 sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan pribadi.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: peserta didik yang telah mendapat layanan bimbingan pribadi, tingkat perkembangan intelektualnya akan lebih baik dari pada yang tidak mendapatkan layanan bimbingan pribadi.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019, sejumlah 300 siswa yang tersebar dalam 9 kelas. Dari 300 siswa tersebut diambil sample secara random sampling sebanyak 60 siswa yang terdiri dari siswa pria dan wanita.
Tingkat Perkembangan intelektual remaja siswa kelas VIII pria dan wanita sebelum dilakukan layanan bimbingan pribadi dikategorikan dalam rentang cukup. Hal ini dibuktikan dengan angka ketercapaian skor angket mencapai 5770, berarti hanya 64,11% dengan mean 96,167. Selanjutnya setelah mendapatkan layanan bimbingan pribadi diperoleh data bahwa tingkat perkembangan intelektualnya dikategorikan dalam rentang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan angka ketercapaian skor angket mencapai 6.242 berarti ada 69,36% dengan mean 104,033.
Analisis dara dari hasil penelitian kemudian diuji dengan menggunakan uji t test. Berdasarkan dari analisis t hitung 5,564, dimana t table dengan derajat kebebasan N-1 atau 59, diperoleh t table 2000. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t table (5,564 > 2,000). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis kerja penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat perkembangan intelektual peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019 setelah mendapatkan layanan bimbingan pribadi terjadi peningkatan yang cukup signifikan.
11125001680 | ALF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain