Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-MU’AWANAH PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Islamiyah, Khoerul Mu’mintaul. 2019. “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Kelas VII MTs. AL-Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M.
Kata Kunci: Efektifitas, bimbingan kelompok, sosiodrama dan komunikasi.
Komunikasi antar pribadi berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Hal ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia, khususnya untuk manusia pada saat penyesuaian atau peralihan. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik berperilaku pasif dan mengalami kesulitan bergaul dengan teman sebaya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan komunikasi antar pribadi sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada peserta didik, 2) tingkat kemampuan komunikasi antar pribadi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada peserta didik, dan 3) efektifkah layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas VII MTs. Al-Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimental design. Populasi penelitian 64, sampel penelitian 20. Alat pengumpulan data berupa: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (pre-test and post-test one group).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kemampuan komunikasi antar pribadi sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada peserta didik mayoritas dalam sangat rendah (40%) sebanyak 8 peserta didik, 2) Tingkat kemampuan komunikasi antar pribadi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama pada peserta mayoritas cukup baik (45%) sebanyak 9 peserta didik, dan 3) Hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,780 dan ttabel dengan (dk) 16-1 = 15, dan = 5% didapat ttabel = 2,093. Jadi thitung > ttabel (5,780 > 2,093). Maka hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima sehingga dapat artikan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas VII MTs. Al-Mu’awanah Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Saran dari penulis diharapkan diharapkan guru pembimbing dapat mengevaluasi pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah dalam menerapkan keragaman teknik dan pendekatan bimbingan kelompok, khususnya teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik.
11145000860 | ISL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain