Skripsi
EFEKTIFITAS KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019
FITRIANA, EKA. 2019. Efektifitas Konseling Individu dengan Teknik Empty Chair dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco K.W., M.Pd., Pembimbing II: Dr. H. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, konseling individu, empty chair, dan kepercayaan diri.
Ketidakpercayaan diri jika dibiarkan akan menghambat perkembangan jiwa. Tanpa adanya rasa percaya diri yang tinggi pada anak dapat menghambat pengembangan potensi diri. Pada kenyataannya banyak peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah, pada umumnya menampakkan gejala merasa takut, menarik perhatian dengan cara kurang wajar, grogi saat tampil di depan kelas, timbul rasa malu yang berlebihan, sering mencontek dan mudah cemas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan konseling individu dengan teknik empty chair pada peserta didik, 2) tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan konseling individu dengan teknik empty chair, dan 3) efektifitas konseling individu dengan teknik empty chair dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Populasi 273 dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh sampel 14. Pengumpulan data dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan konseling individu dengan teknik empty chair peserta didik mayoritas dalam kategori sedang (35,72), 2) Tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan konseling individu dengan teknik empty chair mayoritas dalam kategori sangat rendah (42,86) sedangkan tingkat kepercayaan diri peserta didik sesudah diberikan konseling individu dengan teknik empty chair mayoritas dalam kategori tinggi (50,00), 3) Hasil penelitian diperoleh thitung = 4,744 dan ttabel dengan dk = 14-1 = 13, = 5% didapat ttabel = 2,160, maka thitung lebih besar dari ttabel (4,744 > 2,160), maka ada konseling individu degan teknik empty chair sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019,
Saran buat guru pembimbing diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan pelaksanaan konseling individu di sekolah dengan menerapkan teknik dan pendekatan dalam pelaksanaan konseling individu sesuai dengan permasalahan peserta didik, khususnya dalam hal ini terkait dengan upaya meningkatkan kepercayaan diri peserta didik yaitu dengan teknik empty chair.
11135001590 | FIT e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain