Skripsi
EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
IRAWAN, DEDI. 2019. Judul Skripsi “Efektifitas Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self Esteem Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo M.Pd
Pembimbing II Dr. Maufur, M.Pd
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self Esteem
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Self Esteem peserta didik sebelum layanan konseling kelompok, 2) Self Esteem peserta didik sesudah layanan konseling kelompok, 3) Efektifitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan Self Esteem peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain pretest-postest kelompok tunggal untuk mendapatkan layanan konseling kelompok terhadap meningkatnya Self Esteem. Sebagai populasi sebanyak 200 peserta didik, dan sampelnya sebanyak 30 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis t-test.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat Self Esteem peserta didik sebelum layanan konseling kelompok dalam kategori rendah diperoleh dari 30 peserta didik yang paling banyak dalam kategori rendah sebanyak 12 peserta didik (40%), dan Self Esteem peserta didik setelah layanan konseling kelompok dalam kategori tinggi diperoleh dari 30 peserta didik yang paling banyak dalam kategori rendah sebanyak14 peserta didik (47%). Efektifnya layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self estem peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019, dilihat pada nilai uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 8,527. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttable = 2,042 ternyata thitung = 8,527 > ttabel = 2,042 yang berarti menerima hipotesis alternatif berbunyi “Konseling kelompok efektif dalam meningkatkan Self Esteem peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2018/2019”
Diharapkan kepada guru pembimbing agar dapat meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik, terutama bagi peserta didik yang mengalami masalah Self Esteem.
11145000020 | IRA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain